Gunakan nasi sudah umum, Beberapa tumpeng ini diciptakan dari bahan tidak biasa

Siapa yang tak mengetahui makanan yang bernama tumpeng? Makanan ini lazimnya dibuat sebagai makanan utama pada dikala kenduri atau perayaan suatu peristiwa penting, seperti ulang tahun dan syukuran suatu perusahaan atau tempat.

Tumpeng terdiri dari olahan nasi yang mempunyai wujud unik merupakan berbentuk kerucut yang dikelilingi lauk-pauk. Umumnya olahan nasi yang disajikan berupa nasi kuning, nasi putih umum dan nasi uduk.

Makanan yang berasal dari budaya purba masyarakat Indonesia ini awam diberi tahu di atas tampah yang sebelumnya telah dilapisi daun pisang sebagai alas. Simak juga informasi seputar nasi tumpeng jakarta disini.

Walaupun kebiasaan ini sudah ada sejak lama, kini tumpeng telah hadir dengan pelbagai jenis varian dan tidak cuma terbuat dari nasi saja lho.

Nah biar nggak penasaran, berikut daftar Empat tumpeng kekinian tanpa nasi :

1. Tumpeng sushi
Biar berbeda dari yang lain, kamu dapat menggunakan tumpeng sushi dalam acara perayaan kau nih. Kuliner asal Jepang ini memang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Jadi nggak perlu diragukan lagi deh, udah unik, rasanya juga sedap lagi.

2. Tumpeng mi instan
Nah kalau kuliner yang satu ini lagi ramai didiskusikan di dunia maya nih. Tempat mkaan yang menyediakan menu ini yaitu TOT.AW yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menariknya lagi, lauk tambahannya juga banyak banget. Ada cui hitam, ayam suwir, balado tongkol, siomay ayam dan tahu balado.

3. Tumpeng pempek
Punya temen yang menyukai banget sama pempek? Nah seandainya gitu biar lebih berkesan, coba beri tumpeng pempek ketika ia berulang tahun.

Tumpeng ini terdiri dari tumpukan beragam jenis pempek yang disusun secara rapi hingga menyusun kerucut seperti tumpeng. Sebagian besar penjual masakan unik ini menyajikannya dengan kuah yang terpisah.

4. Bakso tumpeng
Salah satu makanan unggulan orang Indonesia ini sekarang ada yang berbentuk tumpeng lho. Nggak percaya? Coba aja mampir ke tempat makan Lesehan Mbanyu Mili yang berlokasi di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Seporsi bakso tumpeng disajikan dengan kuah hangat, mi kuning, potongan tahu goreng dan taburan seledri dalam satu mangkuk.